tiki jne
Indonesia    |    English
 
COMPANY   SERVICES   NETWORK   NEWS & PROMO   BUSINESS OPPORTUNITY   CLIENTS
TRACE & TRACKING  
Please enter JNE Airwaybill Number (one Per line). Then Click 'Search'
Available up to 20 Airwaybill
CHECK OUR TARIFF NOW  
FROM
TO
WEIGHT (kg/s)
for further information please contact us.
 
 
  Kerjasama JNE dan Sahabat Wanita dalam Program Pemberdayaan Wanita di Indonesia  
Jakarta, 14 Juni 2012 –  Hari ini JNE dan Sahabat Wanita, sebuah inisiatif dari Putera Sampoerna Foundation, melaksanakan acara Seremonial Serah Terima MoU di Desa Kurau Timur, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, sebagai awal dari Program Pemberdayaan Wanita yang akan berjalan selama sembilan (9) bulan.  JNE akan membantu membentuk Pusat Pelatihan Komunitas yang diberi nama Rumah Sahabat, yang akan merangkul komunitas ibu yang berasal dari daerah Kurau Barat dan Kurau Timur. Para ibu akan diberikan pelatihan berupa keterampilan  pemanfaatan limbah plastik rumah tangga dan kain perca oleh para pelatih dari Sahabat Wanita.

Berkat kerja keras dan kerjasama seluruh karyawan, di usianya yang hampir mencapai 22 tahun, JNE telah meraih kesuksesan dan dianugerahi beberapa penghargaan. Dari hasil yang dibukukan JNE, sebagiannya kemudian dipersembahkan kembali kepada masyarakat melalui program-program Corporate Social Responsibility (CSR). Di tahun 2012, JNE menandatangani kesepakatan kerjasama dengan Sahabat Wanita, sebuah inisiatif dari Putera Sampoerna Foundation, dalam Program Pemberdayaan Wanita di Indonesia.

Johari Zein, selaku Managing Director JNE, dalam sambutannya mengatakan,”Selain fokus pada bisnis yang dijalankan, JNE juga sangat serius dalam menjalankan program-program CSR. Beberapa program CSR yang telah berjalan, kami dedikasikan untuk anak-anak, pendidikan, kesejahteraan karyawan, dan pada kali ini, untuk kesejahteraan wanita. Melalui Sahabat Wanita kami ingin ikut meningkatkan taraf hidup wanita Indonesia, yang dimulai di daerah Kurau, Kabupaten Bangka Tengah. Mengapa wanita? Karena wanita merupakan tonggak dari kesuksesan terbentuknya generasi muda Indonesia yang cerdas, sehat, beramal soleh, dan berguna bagi Nusa dan Bangsa.”

Partisipasi perempuan dalam pertumbuhan ekonomi sangatlah penting, tidak hanya untuk menurunkan tingkat kemiskinan di kalangan perempuan, tetapi juga sebagai langkah penting dalam meningkatkan pendapatan rumah tangga dan mendorong pembangunan ekonomi negara secara keseluruhan.

Sementara itu, Nenny Soemawinata, Ketua Pengurus Koperasi Sahabat Wanita sekaligus Managing Director Putera Sampoerna Foundation, menyatakan, “Merupakan sebuah kebanggaan bahwa kami dipercaya oleh JNE untuk menjadi mitra dalam upaya pemberdayaan wanita Indonesia. Kami sangat optimis bahwa dengan dukungan positif dari mitra-mitra kami, kami dapat memberdayakan lebih banyak perempuan Indonesia untuk mencapai kehidupan yang berkualitas. Kami percaya bahwa bersama-sama kita dapat membuat perbedaan, semakin banyak pihak yang terlibat dalam menyalurkan sumber daya untuk membantu memastikan penciptaan pemimpin masa depan, maka semakin memungkinkan untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik dalam memenuhi tantangan global”.

Bangka dipilih sebagai tempat pelaksanaan program adalah karena daerah ini merupakan cikal bakal berdirinya JNE, dimana Bapak H. Soeprapto Suparno, pemilik sekaligus pemegang saham mayoritas JNE, berasal dari daerah ini. Selanjutnya, berdasarkan proses survei yang dilakukan oleh tim CSR JNE dan Sahabat Wanita, terlihat bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat Bangka masih dibawah rata-rata, padahal Bangka memiliki komoditas pariwisata yang menjanjikan.

"Kerajinan tangan, hasil pelatihan ibu-ibu tersebut, nantinya akan dijual untuk menjadi alternatif souvenir khas Bangka. Hasil penjualan ini diharapkan dapat membantu menambah penghasilan rumah tangga mereka, dimana sebagian besar kaum Bapak berprofesi sebagai nelayan. “Dengan begitu, perekonomian dan kesejahteraan keluarga masyarakat Bangka pun ikut meningkat,” ujar Johari menutup perbincangan.

###

Tentang Sahabat Wanita

Sahabat Wanita adalah organisasi sosial yang berdedikasi untuk meningkatkan pemberdayaan wanita dan memperjuangkan kesetaraan gender melalui pelatihan dan pembangunan ekonomi, demi menciptakan kemandirian agar tercipta masyarakat yang menjunjung pluralisme dan demokrasi serta Indonesia yang damai.  Sahabat Wanita merupakan mitra strategis Putera Sampoerna Foundation dalam menjalankan kegiatan pencerahan masyarakat melalui pemberdayaan wanita, dimana wanita merupakan elemen penting dalam penciptaan calon-calon pemimpin masa depan.

Didirikan pada 2009, Sahabat Wanita menjalankan aktivitasnya melalui Yayasan Sahabat Wanita dan Koperasi Sahabat Wanita. Yayasan Sahabat Wanita bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan wanita melalui program-program pelatihan yang meliputi bidang kewirausahaan, kesehatan, keuangan, kesadaran kesetaraan gender dan keterampilan khusus. Sementara Koperasi Sahabat Wanita memberikan fasilitas pinjaman kewirausahaan, bantuan bagi pengembangan usaha ritel, serta bidang usaha lain yang meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Sejak didirikan, Sahabat Wanita telah melakukan pelatihan pengelolaan keuangan, dasar-dasar kewirausahaan dan kesehatan kepada ibu-ibu di provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten dan Jawa Timur memberikan bantuan pinjaman kewirausahaan serta membina jaringan ritel untuk lebih dari 170 warung Sahabat di daerah Tangerang dan Tangerang Selatan.

Memasuki usia yang pertama, dalam menjalankan kegiatannya Sahabat Wanita mendapat dukungan penuh dari Pemerintah yakni antara lain Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, dan Pemerintah Daerah. Dalam menjalankan programnya, Sahabat Wanita didukung oleh korporasi, organisasi dan asosiasi di dalam dan luar negeri juga mitra strategis lainnya seperti Siswa Bangsa dan Bait Al-Kamil. 



Share :